artikel TJAHAJA BARUInfo Berita Terbaru, kegiatan atau Acara di Tjahaja Baru

Skutik Loe Tetap Prima dalam 7 LangkahWednesday, 07 May 2014 oleh: Tjahaja Baru

Mesin skutik sama dengan mesin sepeda motor pada umumnya. Yang membedakannya adalah teknologi dan cara kerja transmisinya, skutik mengaplikasi transmisi otomatis alias continously variable transmission (CVT). Karena menggunakan teknologi transmisi otomatis, skutik membutuhkan perawatan ekstra bradsis. Yuk kita simak....

  1. Sebelum motor dijalankan, panaskan mesin dulu dengan mengaktifkan cuk. Tapi beberapa motor skutik saat ini sudah menggunakan cuk otomatis. Biarkan mesin hidup maksimal 5 menit. Kenapa? Agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak.
  2. Selalu cek kondisi busi dan aki secara teratur. Peran busi dan aki sangatlah penting bradsis, karena motor skutik merupakan motor dengan sistem kelistrikan DC.
  3. Perhatikan selalu Kondisi V-Belt dan roller secara berkala. V-Belt yang menempel di samping roda, sebaiknya rutin diservice setiap 10.000 km dan diganti per 25.000 km.
  4. Selalu bersihkan ruang transmisi (CVT ) secara berkala tiap 4.000 km, karena komponen CVT yang terdapat pada ruang transmisi sangat rentan debu dan kotoran lainnya.
  5. Lakukan penggantian gear oil setiap 5.000 km atau sesuai dengan petunjuk penggunaan kendaraan. Pastinya gunakan pelumas atau oli transmisi khusus matik.
  6. Fungsi oli sebagai pelumas komponen-komponen mesin juga harus diperhatikan nih. Ganti oli secara berkala tiap 1.000 km, pastinya pula dengan menggunakan oli khusus motor skutik, ets bukan sembarang oli bradsis. karena pelumas khusus skutik mampu bekerja secara maksimal ke seluruh permukaan komponen yang ada di dalam mesin. Serta mampu mengurangi gesekan dan oksidasi yang terjadi dalam mesin (perbedaan di matik tidak ada kopling sistem basah)
  7. injeksi

  8. Untuk motor matik yang sudah injeksi sebaiknya lakukan service injeksi setiap 10.000 km, dan sambangi dealer secara rutin agar false engine dapat diminimalisir.
    1. Nah semoga penjelasan di atas bisa berguna bagi bradsis pengguna besutan skutik biar motor tetep fit saat di tunggangi.

Komentar:

 -