artikel TJAHAJA BARUInfo Berita Terbaru, kegiatan atau Acara di Tjahaja Baru

AHO dan Pro KontranyaWednesday, 05 October 2011 oleh: Tjahaja Baru

AHO (Automatic Headlamp On) atau DRL (Daytime Running Light/lamp) atau SOHO (Switch On Light On) merupakan fitur baru yang melengkapi motor-motor lansiran 2011. Dengan peranti ini, lampu utama motor langsung menyala begitu dihidupkan dan mati saat mesin dimatikan. Sederhananya dulu ada saklar, sekarang tidak ada saklar lampu utama. Sumber hukumnya sebagaimana Pasal 107 ayat 2, Undang-Undang Lalu Lintas no.22 tahun 2009 berbunyi, "Sepeda motor wajib menyalakan lampu utama pada siang hari."

Di negara maju seperti Amerika sistem ini sudah diberlakukan jadi fitur standar kendaraan bermotor sejak 30 tahun lalu. Jadi bisa dibilang Indonesia termasuk tertinggal dari negara-negara lain.

AHO baru diaplikasi di sejumlah motor yang diproduksi tahun 2011. Seperti Yamaha Jupiter Z, Vixion, New Xeon, Vega ZR dan sebagainya. Pengendara akan diuntungkan dengan kepraktisannya. Seandainya masih diberi pilihan adanya switch maka dapat dipastikan pengendara akan sering mematikannya dibandingkan menyalakannya. Apalagi ada kemungkinan pengendara lupa menyalakan lampu.

Bukan hanya praktis, safety sebenarnya merupakan alasan utama penambahan fitur ini. AHO diharapkan bisa mengurangi kemungkinan kecelakaan. Karena dengan lampu menyala, motor jadi lebih terlihat oleh kendaraan lain di sekitarnya.

Mata pada dasarnya lebih gampang menangkap obyek atau titik-titik yang muncul dengan sinar lampu. Noktah dengan cahaya lampu putih kekuningan lebih atraktif terhadap kornea mata dibanding warna lain, apalagi yang tanpa cahaya.

Meski sudah jadi fitur standar, nyatanya masih saja ada yang bersedia repot mengutak-atik agar AHO di motornya tidak aktif. Alasannya, AHO bikin umur bohlam lebih pendek. Bohlam pada dasarnya kan memang punya batasan umur. Tapi pemakaian terus-terusan siang malam cuma karena AHO dipercaya tidak akan berpengaruh secara signifikan. Umur pakai lampu tidak mengacu pada masa pakai (bulan, tahun dan jam) serta jarak tempuh (km).

Di negara kita sistem sosial dan tata ruang belum bisa dibilang bagus apalagi minimnya kebijaksanaan pemerintah setempat. Masih ada rider yang tinggal di daerah atau pemukiman yang padat penduduk yang aksesnya harus melewati gang-gang sempit dan lorong-lorong yang jadi tempat 'nongkrong'. Jika kita melewati gang itu pada malam hari ada semacam aturan 'de-facto' yang mengharuskan kita mematikan lampu sewaktu melewati mereka sebagai bentuk penghormatan. Walau kita tidak bisa menyalahkan mereka tapi alasan kecil seperti ini jadi salah satu alasan orang-orang menghilangkan fitur AHO-nya.

Motor-motor Yamaha yang sudah menggunakan AHO:

  • Yamaha New Xeon
  • Yamaha Jupiter Z
  • Yamaha Vega ZR
  • Yamaha Vixion

Sumber:

  • Okezone
  • Prado
  • Motor Biru
  • Komentar:

     -