artikel TJAHAJA BARUInfo Berita Terbaru, kegiatan atau Acara di Tjahaja Baru

Tips Memakai Helm Bagi Yang BerjilbabTuesday, 15 April 2014 oleh: Tjahaja Baru

Sejak kemunculan motor matik di Indonesia, di jalanan saat ini makin banyak kaum hawa yang menggunakan kendaraan bermotor roda dua. Ya, kendaraan bertransmisi otomatis ini memudahkan kaum hawa untuk mahir mengendarai motor karena tak perlu lagi memindahkan gigi atau kopling saat berkendara.

Baik itu anak sekolah, ibu-ibu, hingga wanita berjilbab saat ini makin aktif berkendara motor dalam aktivitas sehari-harinya. Nah, khusus untuk wanita berjilbab, mengenakan helm mungkin merupakan salah satu hal yang berat dan mengganggu. Baik karena soal panas, sampai dengan merusak kreasi jilbab yang sudah susah-susah dipersiapkan sebelum berangkat.

Tapi sebagai bagian dari safety riding, helm mutlak digunakan demi keamanan saat berkendara. Nah, berikut ini adalah beberapa tips menggunakan helm bagi lady bikers Hijabers, agar tetap nyaman dan aman saat berkendara dengan motor kesayangan :

  1. Gunakan jilbab yang simpel tanpa banyak tambahan aksen. Pasalnya, pemakaian helm yang baik dan benar itu harus pas dengan kepala dan tidak ada rongga.
  2. Sebaiknya jangan menggunakan ciput yang terlalu mancung. Hal itu akan mengganggu saar menutup kaca helm. Termasuk mengganggu pandangan dan merusak ciput itu sendiri.
  3. Pilih variasi kecil yang tidak mengganjal di helm. Jika kamu suka variasi jilbab seperti bandana luar dengan aneka kembang atau bros ronce panjang untuk bagian belakang, sebaiknya dipakai jika sudah sampai di tempat tujuan.
  4. Kamu juga bisa menggunakan ciput saja untuk tampil simpel. Ini juga sekaligus menyisiati untuk menutupi bagian leher saat berkendara menggunakan motor.
  5. Gunakan jaket motor dan pastikan jilbab masuk di dalam jaket supaya tidak terbang-terbang diterpa angin saat berkendara. Jilbab yang terbang-terbang bisa saja mengganggu konsentrasi kita saat berkendara.
  6. Terakhir, pilih warna jilbab yang soft seperti warna pastel. Ini maksudnya supaya jilbab tidak menyerap terlalu banyak sinar matahari yang bisa menimbulkan keringat pada kulit kepala. Hindari warna-warna gelap seperti hitam karena menyerap sinar matahari lebih banyak.
  7. Nah, sudah tahu kan tips dan trik memilih jilbab supaya tetap nyaman menggunakan helm? So, untuk lady bikers yang berjilbab, jangan jadikan jilbab sebagai kendala untuk keep safety riding menggunakan helm ya.

Komentar:

 -